Bisakah Busana Islam Dipakai Di Foto Resmi ID

Banyak bentuk identifikasi resmi di Amerika Serikat, seperti paspor atau SIM negara bagian, mengharuskan bahwa wajah seseorang terlihat jelas untuk memverifikasi identitas. Untuk alasan ini, Muslim kadang-kadang ditolak haknya untuk memiliki foto-foto identitas yang diambil mengenakan pakaian Islam, seperti jilbab.

Sengketa Amandemen Pertama
Di Amerika Serikat, Amandemen Pertama Konstitusi menjamin hak seseorang untuk bebas mempraktekkan agama pilihannya. Bagi umat Islam, pilihan ini sering termasuk standar pakaian sederhana dan pakaian keagamaan umum tertentu. Kebebasan yang dinyatakan dengan jelas itu tidak boleh dilanggar kecuali untuk kebaikan publik yang lebih besar.

Namun, beberapa orang, termasuk beberapa pejabat yang bertugas memproses dokumen ID, bersikeras bahwa foto-foto ID, untuk keselamatan dan perlindungan semua orang, harus menunjukkan kepala dan wajah seseorang yang lengkap, termasuk rambut. Mereka mempertahankan bahwa semua penutup kepala jenis apa pun harus dihapus untuk foto.
Namun, beberapa lembaga pemerintah telah membuat pengecualian untuk aturan ini dalam kasus headwear religius

Foto Paspor AS
Departemen Luar Negeri AS, misalnya, memberikan panduan eksplisit untuk foto paspor AS:
Bisakah topi atau tutup kepala agama dipakai untuk foto? Jangan memakai topi atau penutup kepala yang mengaburkan rambut atau garis rambut, kecuali dikenakan setiap hari untuk tujuan keagamaan. Wajah penuh Anda harus terlihat, dan penutup kepala tidak harus menampakkan bayangan di wajah Anda.

Dalam hal ini, dapat diterima untuk rambut yang akan ditutup karena alasan agama, selama wajah penuh terlihat. Dalam keadaan apa pun, penutup wajah (niqab) tidak diizinkan dikenakan di foto paspor AS.

Surat Izin Mengemudi dan Dokumen ID Negara
Setiap negara bagian AS menerapkan aturannya sendiri terkait dengan surat izin mengemudi dan dokumen identitas negara lainnya. Di banyak tempat, pengecualian dibuat untuk penutup kepala agama selama wajah seseorang terlihat jelas, sejalan dengan panduan Departemen Luar Negeri yang dikutip di atas. Di beberapa negara bagian, pengecualian ini ditulis ke dalam hukum negara bagian, sementara di negara-negara bagian lain itu merupakan kebijakan agensi. Beberapa negara mengizinkan kartu identitas tanpa foto dalam keadaan tertentu atau menyediakan akomodasi lain untuk mereka yang memiliki kebutuhan religius. Jika ada pertanyaan tentang peraturan negara tertentu, seseorang harus berkonsultasi dengan kantor pusat DMV dan meminta kebijakan tersebut secara tertulis.

Kerudung Wajah (Niqab)
Berkenaan dengan cadar, hampir semua ID foto mengharuskan wajah ditampilkan untuk tujuan identitas. Dalam sebuah kasus 2002-03 di Florida, seorang wanita Muslim mengajukan petisi untuk hak mengenakan cadar di foto SIM, sesuai dengan interpretasinya tentang persyaratan busana Islami. Pengadilan Florida membantah klaimnya. Hakim mendukung pendapat DMV bahwa jika dia menginginkan surat izin mengemudi, pengabaian singkat cadar wajahnya untuk foto identitas bukanlah permintaan yang tidak masuk akal dan karena itu tidak melanggar hak agamanya.

Kasus serupa menghasilkan putusan yang sama di negara lain. Seorang wanita berkerudung penuh mungkin dapat meminta agar foto diambil secara pribadi jika pengaturan kantor memungkinkan untuk ini.

Baca juga : Tempat Jual Peci untuk Outfit Busana Muslim anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.